Taman Wisata Alam Gunung Tunak, Lombok

Cerita tentang Lombok memang tidak ada habisnya. Pemerintah Indonesia bahkan menunjukkan keseriusannya dalam pengembangan pariwisata Lombok dengan program KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Mandalika. Saat ini, Lombok sedang dipersiapkan sebagai salah satu the next Bali. Selain lokasinya yang strategis karena dekat dengan Bali, wilayah Lombok ini juga menyuguhkan banyak keindahan dan kearifan lokal yang bikin ketagihan. Baca juga Catatan Perantau: Kehidupan di Kota Mataram.

Salah satunya Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tunak

TWA Gunung Tunak ini sebenarnya adalah kawasan konservasi yang dikelola oleh BKSDA NTB, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Karena statusnya sebagai kawasan konservasi, maka bisa dipastikan destinasi wisata ini terjamin kelestarian ekosistemnya.

TWA Gunung Tunak
Pintu Masuk TWA Gunung Tunak (https://phinemo.com/taman-wisata-alam-gunung-tunak-lombok/)

TWA Gunung Tunak sebagai kawasan konservasi telah ditetapkan sejak tanggal 9 Agustus 1996 dengan luas 312 ha. Lokasinya berada di administrasi Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dari Mataram, ibukota Provinsi NTB, dapat ditempuh dengan perjalanan darat selama kurang lebih 2 (dua) jam ke arah selatan

Objek dan daya tarik wisata yang ada di TWA Gunung Tunak diantaranya adalah pantai pasir putih, sanctuary rusa timor, Butterfly Learning Center, serta bentangan hutan karst.

Berikut beberapa video dari kenampakan pantai dan kawasan dari TWA Gunung Tunak yang merupakan dokumentasi pribadi penulis.

Sari Goang
Pantai Sari Goang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s